White Face Si Ayam Badut

White face chicken si ayam badut belum lama masuk ke  Indonesia. Keunikan utama ayam hias ini adalah mukanya yang putih layaknya badut. Karakter mereka yang lincah dan unik membuat para pecinta ayam hias memburu mereka untuk menambah koleksi.

Sejarah Ayam Hias White Face

Ayam White Face Black Spanish adalah ayam hias asal Spanyol namun banyak dikembang biakkan di Inggris. Seperti halnya ayam Black Sumatra yang punah di negeri sendiri, ayam white face juga diyakini punah di Spanyol. Mereka diyakini sebagai jenis ayam yang lebih tua dari Minorca.

White Face Chicken mulai dimasukkan ke dalam Standar Kesempurnaan Asosiasi Unggas Amerika pada tahun 1874 ( Standar of Perfection American Poultry Association ).  Orang-orang Spanyol membawa ayam ini pertama ke wilayah Karibia dan itu adalah salah satu ras tertua di Amerika Serikat.  Selama masa kolonial, mereka sangat populer di Selatan.

ayam white face

 

Ciri-Ciri Ayam Hias White Face

Dinamakan ayam white face karena mereka memiliki wajah putih sehingga sering di sebut juga ayam muka badut. Bulu hitam legam mengkilap kehijauan mirip dengan black sumatra. Pejantan memiliki jengger wilah (single comb) yang besar dan tegak, sedangkan jengger pada ayam betina agak lemas menyamping.

Gelambir merah panjang menggelantung di bawah kepala. Penampilannya yang unik lain dari ayam biasa membuat kharisma tersendiri sehingga banyak kolektor pecinta ayam hias yang ingin memiliki.

Untuk anakan hingga remaja belum begitu terlihat wajah putih ciri khas white face chicken, baru pada usia dewasa di atas 1 tahun wajah mereka mulai berubah. Semakin tua akan terlihat semakin putih  eksotis.

Berat ayam jantan rata-rata 2,5-3 kg dan berat ayam betina sekitar 2-2,5 kg. Terdapat varietas bantam yang tersedia dari jenis ayam ini yang berarti ukuran kecil dengan berat di bawah 750 gram.

Keunikan Ayam Hias White Face Spanish

Warna bulu hitam mulus dan muka putih adalah ciri khas mereka. Ayam ini juga dikenal sebagai ayam muka badut karena mukanya yang putih seperti badut. White face black spanish adalah salah satu ras Mediterania tertua yang berasal dari Spanyol. Ayam hias ini juga dikenal sebagai ‘Ayam Badut’, ‘Ayam Fowls of Seville’, dan ‘Ayam Berwajah Badut’. Ayam ini memiliki bulu hitam mengkilap dan terkait erat dengan ras ayam Kastilia dan Minorca

Ayam White Faced Black Spanish adalah ayam yang anggun dan bergaya. Bulu mereka yang kaya, hitam  mengkilap,  jengger merah besar, dan wajah putih. Cuping telinga memberi mereka penampilan yang tidak biasa dan dramatis. White Face Black Spanish dianggap sebagai jenis tertua di kelas unggas dan unggas Mediterania.

Karakter White Face Chicken

Ayam ini adalah jenis yang bagus. Ayam bertelur dalam jumlah besar dan telur berwarna putih. Trah ini sangat aktif dan berisik. Mereka dianggap bertingkah dan tidak suka diam. Mereka adalah pengumpul makanan yang baik, tetapi juga berhasil dalam kandang.

Mereka berkembang dalam panas tetapi tidak bagus dalam suhu dingin. Mereka berkembang biak dengan lambat. Awalnya mereka dibesarkan untuk produksi telur dan kemudian untuk tujuan ayam hias.

Harga Jual

Karena populasi di Indonesia belum banyak, dan masih sedikit peternak ayam hias yang memilikinya, harga ayam hias white face tergolong masih tinggi. Ayam Hias Jogja menjual anakan ayam white face usia 2-3 bulan ini seharga 3,5 juta. Sedangkan Bursa Agro Menoreh menjual indukan ayam white face dengan harga 9 juta perpasang. Harga yang masih fantastis untuk seekor ayam, namun inilah seninya ayam hias.

Tidak ada harga patokan untuk ayam hias. Karena ini seni dan tidak ada harga yang pasti. Bursa Ayam Hias Indonesia belum memberikan informasi mengenai harga ayam ini. Anda berniat memelihara atau budidaya ayam hias ini ?

 

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.