Peluang Usaha Ternak Ayam Pheasant

Peluang usaha ternak ayam pheasant masih menggiurkan. Meskipun mahal, ayam pegar tetap diburu para penghobi. Seperti Yellow pheasant ayam asal Tibet yang berwarna kuning emas polos.  Masih satu marga dengan golden pheasant dan lady amherst.  Kilau warna kuning polos pada bulunya memukau para pehobi atau peternak ayam hias yang lebih suka warna mono. Berbeda dengan ayam golden dan Lady pheasant yang memiliki kombinasi warna, yellow pheasant hanya memiliki warna kuning dan sedikit hitam di punggungnya.

bulu ayam pheasant
Bulu ekor ayam pheasant sebagai ornament

Tak hanya itu, saat masuk masa birahi, bulu leher pejantan akan mekar bak penutup kepala raja fir’aun. Pejantan akan merayu betina dengan keindahannya, seperti jenis ayam pheasant lain dimana sang jantan yang aktif. Ekor pejantan dapat tumbuh panjang hingga mencapai satu meter. Pada saat selesai masa kawin ayam yellow pheasant akan memasuki masa moulting atau ganti bulu. Semua bulu cantik itu akan lepas dan berganti bulu yang baru termasuk bulu ekor. Rontokan bulu ayam pheasen sering digunakan sebagai asesories fashion show ataupun di buat hiasan,

Ayam yellow pheasant ini sudah masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000 an. Peminat ayam yellow pheasant ini sangat banyak, tidak sebanding dengan produksi para peternak ayam hias. Karena itu harganya tetap stabil dan cenderung naik tiap tahunnya. Dari pantauan kami, sejak tahun 2012 hingga 2018 ini, harga ayam pheasant tidak pernah turun. Kondisi ini pun bertahan hingga 2019 kini.

prospek ternak ayam pheasant
Yellow Pheasant

Prospek Usaha Ternak Ayam Pheasant

Harga jual ayam hias jenis pheasant yang tinggi menarik para pembudidaya untuk mengembangbiakkannya. Adalah mas Fajar Rohmad asal Yogyakarta. Dia mulai beternak ayam pheasant ini sejak tahun 2014 . Bukan hanya jenis yellow pheasant tapi juga Golden, lady amherst, silver, ringneck, swinhoe, reeves dan, palawan peacock dan grey peacock pheasant.

Saat ini, di peternakan Vj Pheasantry tersedia 50 ekor anakan ayam pheasant berbagai jenis yang siap jual. Ia menjual ayam pheasant ini mulai Rp 7,5 juta ekor untuk anakan berumur enam sampai tujuh bulan. Sedangkan, untuk indukan dengan kualitas bagus, dia jual mulai dari Rp 10 juta-Rp 12 juta per ekor.

Dalam sebulan, dia dapat menjual sampai 10 ekor ayam. Untuk pengirimannya menggunakan cargo pesawat untuk luar pulau, sedangkan untuk dalam pulau menggunakan ekspedisi kereta api atau disesuaikan lokasi konsumen. Mas Vj juga banyak men jual anakan ayam pheasant ke penjual-penjual atau reseller ayam hias sekitaran Jogja, Solo, Magelang, dan Semarang. Melalui social media, mas Vj juga memasarkan hasil ternaknya hinggal luar kota, seperti Jepara, Kudus, Ngawi, Kebumen, Purwokerto, bahkan sampai luar pulau seperti Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Dari pemantauan kami, Mas Vj Pheasant ini termasuk peternak yang sukses dalam budidaya ayam pheasant. Dari hasil ternaknya mas Vj bisa membeli mobil dan membangun rumah. Menurutnya Peluang usaha ternak ayam pheasant masih sangat prospektif.

 

Pangsa Pasar Ayam Hias Jenis Pheasant

Lain lagi dengan Mas Dwi Susanto pemilik Prayitno Farm atau Ayam Hias Jogja. Mas Dwi sudah lama berkecimpung di dunia bisnis ayam hias. Sejak tahun 2012 mas dwi sudah menjual ayam pheasant dari jenis ringneck pheasant,  yellow, golden pheasant dan jenis ayam hias lainnya. Menurut mas Dwi yang awalnya mendapatkan ayam pheasant ini dari importir ayam hias, dari tahun ke tahun harga ayam pheasant jenis yellow, golden dan lady tetap stabil. Hal ini dikarenakan belum banyak peternak yang sukses ternak ayam pheasant.

Mas Dwi lebih banyak berjualan melalui media digital, baik melalui web ataupun social media. Tak heran, konsumennya datang dari berbagai kota. Baik dari Pulau Jawa seperti Surabaya, Jember, banyuwangi, Lamongan, Tegal, Brebes, Cirebon, Tasik, Ciamis, Bandung, Jakarta, Depok, Tangerang, Banten, hingga Cilegon. Hingga luar Jawa seperti Lampung, Palembang, Pekanbaru, Medan, Aceh, Pontianak, Banjarmasin, Makasar, Kendari, Lombok, dan Manado. “Ayam ini aman untuk dikirim ke lokasi yang jauh karena karakternya yang gesit, bandel dan mudah beradaptasi,” kata mas Dwi.

Bisnis ayam hias khususnya ayam pheasant membuatnya terkenal di media masa baik cetak maupun Televisi. Di tahun 2015 masDwi pernah di undang Hitam Putih Trans 7 dalam tema Ayam Hias Unik. Kesuksesan Ayam Hias Jogja dalam usaha ternak ayam pheasant dan jual beli ayam hias ini kembali membawanya di undang di acara saur-saur Trans7 di tahun 2016

Cara Ternak Ayam Pheasant

Meskipun ayam pheasant termasuk ayam hias yang gesit, bandel, dan tidak mudah stress, pheasant tetap saja masuk kategori Aves atau unggas yang rawan terhadap virus. Untuk itu sebelum mulai usaha ternak ayam pheasant ada baiknya anda mengumpulkan banyak informasi dari para penghobi dan penangkar ayam hias. Sukses tidaknya ternak ayam pheasant tergantung anda mempersiapkan dan memulai usaha penangkaran tersebut. Disamping juga butuh kesabaran dan keuletan yang tinggi dalam menjalani usaha ternak ayam pheasant ini.

Jangan memulai dengan orientasi bisnis, tapi mulailah dari hobi. Kata Bamsbreeder.

Sesuatu yang mudah dikembangkan atau diternakan pasti akan cepat pula jatuh harganya. Dari sini bisa kita lihat bagaimana harga ayam pheasant bisa bertahan di bursa ayam hias. Tentu saja karena faktor kesulitan yang tidak semua penangkar bisa mengatasinya.

Untuk ternak ayam pheasant yang masa reproduksinya 1 tahun sekali memang yang dibutuhkan sekali adalah kesabaran. Dan untuk yang lain lainnya silahkan baca di Tips Sukses Ternak Ayam Pheasant 

 

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.