Mandarin Duck Bebek Hias Paling Dicari

Mandarin Duck bebek hias paling dicari para pecinta ayam hias. Wajar saja karena warnanya sangat eksotis. Pasti mengundang takjub dan decak kagum semua orang yang melihatnya. Bebek asli Cina ini juga dipercaya sebagai simbol feng shui kesetiaan dan keindahan. Untuk anda yang ingin memelihara bebek mandarin ini, tidak perlu kolam luas untuk memelihara sepasang bebek hias mandarin duck. Taman dengan kolam ikan minimalis cukup untuk memelihara sepasang mandarin duck yang cantik ini.

bebek mandarin

Keunikan dan Kecantikan Mandarin Duck

Melihat sepasang bebek mandarin di kolam sedang berenang sangat menyejukkan mata. Mereka senang menghabiskan waktu di air untuk berenang dan bercanda bersama pasangannya. Keindahan warna bebek hias ini akan lebih hidup dengan design kolam ikan yang bagus dengan ornament kandang bebek yang dapat disesuaikan dengan tema kolamnya.

Mandarin duck jantan memiliki bulu yang indah dan berwarna-warni. Sangat sulit untuk menuliskan keindahan bebek hias ini dengan kata-kata. Bebek mandarin jantan memiliki paruh  berwarna merah , putih di bagian atas mata dan ungu serta garis putih di bagian dada.

Pejantan memiliki sedikit jambul di kepala yang berdiri saat birahi atau saat panik. Seperti ayam hias dari jenis pheasant, bebek mandarin betina tidak seelok pejantan. Hanya berwarna abu-abu di bagian kepala, cincin di sekitar mata berwarna putih dan bintik abu-abu di bagian tubuh.

mandarin duck

Karakter Bebek Mandarin

Jenis bebek hias ini cenderung pemalu dan jarang mau berinteraksi dengan manusia. Memelihara mandarin duck dari anakan kami rasa lebih tepat sehingga lebih mengenal pemiliknya. Mereka adalah type unggas setia yang tidak berpolygami. Tak heran jika orang Cina menobatkan bebek mandarin sebagai simbol fengshui kesetiaan.

Beberapa pemilik dan peternak bebek mandarin telah mengalami dimana kesetiaan mereka dibawa sampai mati. Tak jarang jika pasangannya mati karena sesuatu hal, maka pasangannya tidak lama kemudian menyusul mati.

Tentang Bebek Hias Mandarin Duck

Mandarin Duck (Aix galericulata) adalah bebek asal Cina / Tingkok yang masih memiliki kekerabatan dengan bebek kayu. Bebek ini bisa terbang di alamnya. Namun rata-rata bebek mandarin hasil ternakan yang di jual sudah dipotong sebelah sayap sekundernya sehingga bebek ini tidak bisa terbang.

Hal yang harus diperhatikan untuk memelihara bebek mandarin ini adalah :

  • Tidak perlu membuat kandang tertutup seperti kandang pheasant untuk memelihara bebek mandarin, meskipun hal tersebut lebih baik untuk menghindari predator.
  • Pastikan tidak ada akses keluar masuk ke taman/ kolam yang dapat dilewati bebek. mereka bisa bersembunyi dan keluar melalui saluran air atau lobang lainnya.
  • Buat pagar atau pembatas yang aman supaya mereka tidak dapat keluar dari area kolam anda.
  • Makanan bebek mandarin adalah voor atau bisa juga pelet ikan. Jika dirasa voor ayam akan mengganggu dengan bau yang tidak sedap, berikan saja pelet ikan.
  • Bebek ini tidak memakan ikan, sehingga aman untuk di campur bersama ikan hias seperti koi, koki, komet dan lain sebagainya.

Harga Mandarin Duck

Dari pantauan kami dari situs situs online seperti OLX, Ayam Hias Jogja, Bamsbreeder, Bursa Unggas Hias, Agromenoreh dan olshop lainnya, harga bebek mandarin berkisar antara 8-10 juta rupiah tergantung usia dan kondisi. Beberapa peternak juga telah menjual anakan bebek mandarin dengan harga 5-7 juta perpasang.

Beberapa waktu lalu, Bamsbreeder salah seorang peternak dan penjual unggas hias yang diwawancarai Om Deddy corbuzier dalam acara Hitam Putih Trans7 mengaku men jual mandarin duck 5 juta per ekor. Harga anakan bebek mandarinpun masih fantastis. Hal ini membuat para peternak ayam hias ingin membudidayakan bebek hias mandarin.

Dengan kecantikan yang sebanding dengan harganya, bebek mandarik banyak diburu oleh para pecinta unggas di Indonesia. Bukan hanya kolektor namun juga peternak ayam hias berlomba ingin mengembangkan jenis bebek mandarin.

Budidaya Bebek Mandarin

Meski demikian, ternyata budidaya bebek mandarin tidak mudah. Tidak seperti bebek biasa atau bebek petetlur yang banyak kita temui. Bebek Mandarin hanya bertelur 1 tahun sekali. Mirip karakter ayam hias golden pheasant yang hanya bertelur 1 tahun sekali. Beberapa peternak ayam hias yang mencoba ternak bebek mandarin gagal. Entah kenapa padahal mereka memelihara sepasang dan telah  melengkapi kandang dengan kolam.

Kolam adalah sarana wajib untuk ternak bebek mandarin. Mereka melakukan ritual kawin di air sambil berenang. Karena itu sebaiknya anda menyediakan kolam yang cukup luas untuk mengembangkan bebebk mandarin.

Kesetiaan mereka yang benar-benar teruji juga menjadi masalah. Ketika anda membeli pasangan bebek mandarin dewasa anda tidak tahu apakah mereka mau berjodoh. Salah seorang peternak bebek hias yang berhasil membudidayakan bebek mandarin mengaku membeli bebek ini dari anakan. Lebih mudah dijodohkan karena memang belum memasuki usia kawin.

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.