Informasi Ayam Hias

Sering kali kita mendengar ayam hias, ayam tangkas, ayam aduan, ayam kontes, dan sebagainya. Lalu apa yang di maksud dengan ayam hias ? Apa sih ayam hias itu ? Apakah ayam yang di hias ? Ayam yang bisa berhias atau ayam hiasan ? Baca selengkapnya informasi seputar ayam hias yang coba kami uraikan di bawah ini.

Daftar Isi

Apa Itu Ayam Hias

Ayam hias adalah sebutan untuk ayam yang memiliki keunikan, keunggulan atau kelebihan, dan keeksotisan tersendiri, baik di lihat dari fisik atau tampilan, perilaku, hingga dari suaranya.

Di luar negeri ayam hias biasa di sebut fancy chicken ataupun ornamental chicken. Asosiasi-asosiasi di buat untuk standarisasi ayam hias di luar negeri. Seperti American Poultry Associationā€™s yang mengeluarkan “standar perfection” yang biasa menjadi patokan standar ayam hias.

Kategori Ayam Hias

Dari size atau ukurannya ayam hias di bagi menjadi dua yaitu :

  1. Bantam Chicken adalah ayam hias yang berukuran kecil seperti ayam kate, ayam serama, pekin dan sebagainya. Beberapa jenis ayam bantam memiliki versi large seperti black sumatra, cochin, phoenix dan lain-lain. Standar ukuran bantam biasanya diterapkan untuk ayam yang memiliki berat di bawah 650 gram
  2. Large Chicken adalah ayam hias ukuran besar. Dengan berat di atas 1,8 kg untuk betina dan 2,25 kg untuk jantan. Beberapa varian large chicken memiliki versi mini atau versi bantam

Dari tampilan dan peruntukannya ayam hias dikategorikan sebagai :

  1. Ayam unik yang dinikmati suaranya seperti ayam bekisar, ayam ketawa, dan ayam pelung. Ayam hutan yang sering kali dipelihara juga sangat eksotis baik dari warna maupun suaranya. Dari segi suara banyak bermunculan kontes atau lomba ayam seperti lomba ayam ketawa, lomba ayam bekisar dan lomba ayam pelung.
  2. Ayam yang unik bentuk dan tampilannya seperti ayam poland, ayam batik, ayam kapas, ayam kate dan ayam serama. Lomba-lomba ayam untuk jenis ini akan menilai ayam dari segi postur, tampilan dan menarik tidaknya berdasarkan standar masing-masing ayam. burung dara atau Merpati hias juga salah satu unggas yang masuk kategori ini.
  3. Ayam yang unik dari warnanya yang eksotis seperti golden pheasant, yellow dan lady amherst, ayam merak, dan beberapa jenis ayam dari keluarga “phasianidae“. Banyak sekali unggas yang masukĀ  ke kategori ini terutama dari jenis unggas air dan burung. Seperti bebek mandarin, black swan, carolin duck, flamingo dan crown crane.
  4. Ayam atau unggas yang unik dilihat dari perilaku dan kepandaiannya. Untuk jenis yang satu ini biasa sangat bergantung sekali kepada trainer atau pemiliknya. Seperti burung yang bisa bicara, bisa trick dan freefly.

Penghobi Ayam Hias

Informasi tentang ayam hias di atas mungkin masih sangat minim, namun makna hias, bagus, unik, eksotis memang sangat sulit untuk di uraikan. Tidak ada standar dalam menjelaskan kata unik dan menarik karena setiap orang bisa berbeda dalam hal ini. Ayam hias yang unik dan sangat menarik bagi saya belum tentu menarik bagi anda. Seringkali saya di tanya “apa sih uniknya ayam pheasant ?” Dan untuk pertanyaan ini saya cukup menjawab “anda suka atau tidak saat melihat pertama kali ayam pheasant ini ?” . Karena cinta pada pandangan pertama yang bisa mengalahkan akal sehat dan mengacuhkan segala macam kriteria-kriteria yang diharuskan.

Ketika di undang sebagai tamu di Hitam Putih Trans 7 sedikit saya menyinggung. Di dunia ayam hias saya mengenal 3 macam pelanggan. Yang pertama adalah “orang gila” yang begitu melihat, suka, langsung di beli tanpa basa-basi. Yang kedua adalah “penghobi” ayam hias biasa yang biasanya masih pilah-pilih dan menimbang juga membandingkan harga antara ayam satu dengan yang lainnya. Yang ketiga adalah yang paling susah yaitu “bisnis orientated customer”. Mereka akan dengan cermat memperhitungkan untung rugi secara material, mereka sebenarnya kurang atau tidak suka dengan ayam hias namun mereka tertarik memelihara dengan harapan keuntungan.

Informasi ayam hias

Minimnya informasi mengenai ayam hias baik dari segi standar, kualitas ataupun harga membuat beberapa penghobi baru kadang tertipu. Ada yang benar benar tertipu kehilangan uang karena membeli ayam hias secara online. Ada yang tertipu dengan jeleknya mutu atau kualitas ayam yang di kirim. Sebenarnya hal di atas terjadi bukan karena minimnya informasi tentang ayam hias yang akan di beli. Biasanya pembeli yang tertipu dikarenakan mencari harga yang murah. Di Google bertebaran blog bahkan web penipu yang menjaring korban. Para penipu biasanya memberikan informasi harga ayam hias atau burung yang jauh di bawah pasaran. Misalnya seperti ayam golden pheasant yang standar harganya berkisar 9-10 juta. Penipu akan memasang harga untuk golden pheasant di web mereka antara 2-3 juta saja. Itupun masih bisa di tawar.

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *