Anda Harus Baca Ini Sebelum Memelihara Golden Pheasant

Sebelum memelihara Ayam Hias Golden Pheasant ada hal penting yang harus anda  ketahui. Konon ayam Hong ini ayam pembawa hoki. Benarkah ? Golden pheasent, unggas dari famili phasianidae adalah salah satu ayam tercantik di dunia. Karena kecantikannya ayam emas ini dijuluki Ayam Dari Surga. Ayam hias asal Cina ini semakin menarik karena daya tahan tubuhnya yang mampu bertahan di daerah dingin maupun di daerah panas. Berikut kami informasikan 10 fakta menarik golden pheasant yang harus anda tahu disertai galeri gambar/foto dan video :

fakta menarik ayam hias golden pheasant

1. Penampilan Golden Pheasant

Seperti pada umumnya jenis pheasant, pegar emas jantan adalah ayam hias cantik yang memiliki warna yang mencolok. Kombinasi banyak warna yang kontras namun tetap balance dan eksotis.  Sedangkan betina hanya berwarna coklat kusam dengan bintik-bintik hitam dan kepala yang lebih kecil.Pejantan sangat menarik dengan jubah kepala kuning emas cerah dan lambang berujung merah, sedikit hijau mengkilap (sambeliler) di punggung dan dada merah cerah. Mahkota di kepala seperti topi jubah raja fir’aun yang berwarna kuning emas dengan strip hitam tegas. Bulu sayap utama berwarna coklat dan atasnya biru tua mengkilap. Punggung atas sampai belakang berwarna kuning yang kadang tertutup sayap. Ekornya bisa tumbuh sampai 1 meter berwarna coklat muda dengan bintik-bintik hitam. Mata, paruh, dan kaki berwarna kuning pucat.

Fakta golden pheasant ayam tercantik
Bamsbreeder saat Live Trans7 dengan ayam golden pheasant.

2. Ukuran Ayam Golden Pheasant

Berat ayam golden kurang lebih 0.6 Kg. Panjang sang jantan 1,25 meter sedangkan betina 65 cm. Panjang tersebut adalah keseluruhan dai kepala sampai ujung ekor. Bentang sayap sekitar 70 cm, termasuk pendek di banding ukuran tubuhnya. Fakta ayam pheasant bukanlah penerbang yang baik.

Mereka tidak bisa terbang seperti burung, tapi bisa meloncat tinggi dibantu kepak sayapnya. Untuk itu sebelum memelihara ayam golden, anda harus membuat kandang yang pas sesuai ukuran dan tertutup dengan jaring supaya mereka tidak meloncat keluar. Minimal ukuran kandang ayam golden adalah 1,5 x 1,5 meter dengan tinggi 2 meter. Anda bisa membuat kandang lebih kecil jika hanya memelihara jantannya saja untuk pajangan.

 

3. Karakter Golden Pheasant

Karena memiliki sayap yang pendek ayam pheasant tidak bisa terbang seperti burung. Mereka bisa meloncat tinggi di bantu dengan kepakan sayapnya. Biasanya karena takut atau panik, meskipun lebih suka berlari. Karena itu sebagian waktunya dihabiskan di tanah untuk mencari makan. Karakter pegar emas relatif jinak, tidak galak, dan tidak takut jika didekati. Anakan golden pheasant yang dipelihara dari kecil akan menghasilkan golden pheasant dewasa yang jinak.

Pejantan ayam emas ini terkadang bisa agresif jika sedang birahi. Beberapa kasus bisa membunuh betinanya meskipun jarang terjadi.  Memelihara ayam golden pheasen bisa saja dikoloni dengan beberapa pasangan yang disatukan. Mereka rata-rata akan akur dan tidak saling serang (berantem). Yang muda biasa akan menyingkir dari yang tua. Meskipun kadang-kadang saat birahi mereka protektif terhadap pasangannya.

Pada video yang di unggah cannel Youtube Bamsbreeder di bawah ini terlihat bagaimana seekor pejantan golden pheasant terlihat sangat cantik saat pamer mahkotanya. Seperti inilah golden pheasant jantan saat merayu betina. Saat tertarik maka betina akan “mapan” didepannya kemudian melakukan perkawinan. Namun jika betina lari, pejantan akan mengejar sambil memamerkan mahkotanya dan mengeluarkan suara “cuitan” melengking. Hal seperti ini biasa dilakukan jenis ayam pheasant lainnya seperti ayam merak dan grey peacock pheasant yang memamerkan ekornya. Kuau raja yang memamerkan kecantikan sayapnya. Dan keluarga silver pheasant & swinhoe yang mengepakkan sayap dengan kecepatan tinggi membuat suara mirip Helikopter.

4. Usia Red Golden Pheasant

Di habitatnya dua pertiga anakan golden pheasant tidak bisa bertahan di 3 bulan pertama. Hanya 3% yang bisa hidup sampai usia 3 tahun. Dan indukan hanya bisa hidup selama 5-6 tahun. Hal itu tentu karena banyak faktor, pergantian musim, penyakit dan predator yang ada di alam liar membuat hal tersebut biasa terjadi.

Tapi fakta menarik ayam hias golden pheasant bisa hidup sampai 15-20 tahun di penangkaran. 80% anakan ayam pheasant bisa hidup sampai dewasa. Tentunya dengan perawatan yang benar, anakan dan indukan golden pheasant bisa hidup 15-20 tahun.

 

5. Nama lain Ayam Hias Golden Pheasant

Ada yang menyebutnya Ayam Cina karena berasal dari cina. Ayam Hong, ayam pegar, pegar emas dan red golden pheasant. Faktanya apapun namanya tetap menggambarkan kecantikan ayam pegar emas ini. Ada mitos tentang nama ayam hong lho….

 

6. Makanan Ayam Golden pheasant

Golden pheasen termasuk unggas omnivora. Di habitat atau di alamnya mereka makan biji-bijian, buah-buahan, pucuk² daun dan rumput. Mereka juga berburu serangga, laba-laba, siput dan cacing.

Fakta menarik ayam golden pheasant adalah mereka mau makan pakan pabrik (voor). Tambahan makanan mungkin berupa beras merah, jagung giling, kecambah, sayuran hijau dan buah. Seringkali mereka di beri jangkrik dan ulat sebagai tambahan stamina. Waktu makan mereka biasanya pagi dan sore hari. Sedang siang mereka gunakan untuk bermain, mandi pasir dan bermesraan.

7. Predator atau Pemangsa Golden Pheasant

Di atas di singgung bahwa di habitatnya hanya 3% dari anakan bisa hidup sampai 3 tahun. Hal ini tidak lepas dari pemangsa yang biasa memakan mereka. Berbagai hewan carnivora pemangsa seperti anjing, kucing, tikus, musang, ular dan sebagainya bisa memangsa mereka.  Meskipun sangat gesit namun kemampuan terbang ayam pheasant yang terbatas membuat mereka mudah di mangsa.

Fakta di penangkaran tikus dan ular bisa saja memakan telur-telur ayam golden. Beberapa jenis tikus besar bahkan memangsa anakan golden pheasant. Untuk itu sebelum memutuskan memelihara golden pheasant ada baiknya anda membuat kandang yang kuat dan aman dari predator.

fakta menarik ayam hias golden pheasant

8. Ritual Kawin Ayam Hias Golden Pheasant

Ritual kawin adalah fakta ayam pheasant yang ditunggu-tunggu. Baik oleh pemilik apalagi penangkar ayam pegar emas ini. Di habitatnya, betina akan mengunjung wilayah jantan saat birahi. Pejantan kemudian menari memamerkan mahkota di lehernya, dan membuka bulu emas di pantatnya. Jika betina kurang tertarik dan berlalu, pejantan akan mengejar dan mencoba memblokir jalan sambil memamerkan kecantikannya.

Karena ritual kawin ini ayam hias golden pheasant benar-benar menunjukan kecantikannya. Beberapa ayam pegar yang tidak takut dengan manusia akan melakukan tarian ini jika didekati. Seperti yang bisa dilihat di video youtube milik Bamsbreeder Channel. Terlihat ayam ini enjoy menari nari dan bermain main dengan pemiliknya.

9. Mitos Ayam Hias Golden Pheasant

Orang Cina menganggap mereka sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan. Beberapa orang percaya anda akan mendapat 3 permintaan jika anda menangkan ayam golden pheasant.

Fakta ayam hias golden pheasant membawa hoki mungkin terbukti bagi para peternak ayam pheasant. Harga ayam pheasant yang masih tinggi tentu membawa keberuntungan bagi para penangkar yang sukses membudidayakannya. Harga anakan golden pheasant saja masih berkisar 6-7 juta rupiah perpasang. Pantas jika kecantikan ayam hias golden pheasant dihargai begitu mahal dan menjadikannya salah satu ayam hias termahal di Bursa Ayam Hias Indonesia.

 

10. Budidaya Ayam Hias Golden Pheasant

Ayam pegar emas sudah lama sekali masuk captive breeding atau penangkaran. Tercatat sejak abad ke 17 ayam emas ini ditangkarkan. Keluar Cina ayam ini di tangkarkan di Amerika dan ditempatkan di habitat buatan di Gunung Vernon.

Di Indonesia ayam pegar emas di kembang biakan di penangkar ataupun penghobi ayam hias. Mereka menyukai ayam golden karena keindahannya. Budidaya ayam pheasant juga sangat menguntungkan karena harganya yang masih tinggi. Membawa hoki atau keberuntungan untuk para peternak ayam hias.

Melihat harga golden pheasant yang masih tinggi, para peternak ayam hias berlomba-lomba mngembangkan pegar emas ini. Namun tidak sedikit yang gaga di tengah jalan. Berbagai masalah dan kesulitan menghantui para peternak yang mencobanya. Hanya beberapa yang sukses budidaya golden pheasant ini. Karena itu, harga ayam hias pegar emas tetap stabil di bursa ayam hias Indonesia.

Demikian tadi 10 fakta menarik ayam golden pheasant yang terangkum dalam informasi tentang ayam hias golden pheasant yang harus anda tahu sebelum memelihara ayam hias ini.

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.