Informasi Jenis dan Harga Ayam Hias Terbaru

Informasi jenis dan Harga Ayam Hias terbaru 2019 ini kami buat untuk memudahkan anda dalam mencari ayam hias dan harga burung eksotis yang sesuai budget.  Mahalnya harga ayam hias dan harga macaw menyebabkan banyak penipu yang memanfaatkan. Korban penipuan iasanya adalah “newbie” atau penghobi baru yang mencari harga ayam hias murah atau harga macaw murah. Biasanya para penipu menawarkan harga ayam hias dan burung macaw sangat murah di bawah pasaran. HATI-HATI ! JANGAN TERGIUR HARGA MURAH ! Berikut kami informasikan berbagai jenis dan harga ayam hias terbaru dan harga burung macaw eksotis beserta fotonya.

Ayam Kalkun

harga ayam kalkun terbaru

Gak ada matinya, itulah bisnis ayam kalkun. Selalu ada saja permintaan untuk ayam kalkun. Baik anakan ataupun indukan. Bahkan setelah sekian lama viral budidaya ayam kalkun, muncul varian baru yang dinantikan para pecinta ayam kalkun yaitu jenis kalkun blue slate. Kalkun berwarna abu-abu ini didatangkan oleh Guntur Kalkun (Guntur Ginanjar) melalui importir. Bursa Ayam Hias atau kalkun Hias memang masih menggeliat. Penghobi baru selalu bermunculan setiap tahunnya. Harga ayam kalkun hias seperti blue slate pun masih meroket. Seperti harga kalkun Red Bourbon dan harga ayam kalkun Black Spanish yang pernah viral.
Sedangkan untuk kalkun pedaging, sayangnya belum ada peternak kalkun skala besar yang dapat mensuplie kebutuhan kalkun pedaging. Padahal daging kalkun yang terkenal sehat dan bebas kolesterol ini sangat baik dikonsumsi di bandingkan ayam broiler. Jangka waktu panen yang lama menjadi kendala peternak kalkun skala kecil dengan modal pas-pasan. Perputarannya termasuk lambat untuk ukuran bisnis peternakan ayam. Harga ayam kalkun pedaging biasa di hitung per kg hidup. Ada juga yang menjual karkas kalkun.
Bamsbreeder pernah tampil di acara Agribisnis TVRI Yogyakarta yang saat itu di dampingi oleh ahli peternakan Prof. Dr. Ir Sri Harimurti dari Fakultas Peternakan UGM. Saat itu dari UGM bersedia membantu untuk R&D pakan kalkun organik dari tumbuhan yang ada disekitar kita namun tetap bagus, memiliki kandungan nutrisi yang sesuai untuk ayam kalkun. Namun karena keterbatasan modal hal itu tidak dapat berjalan. Perlu campur tangan pemerintah untuk suksesnya budidaya ayam kalkun skala besar. Berikut harga ayam kalkun terbaru 2019.

Ayam Poland

harga Ayam hias Poland

Jenis dan harga ayam hias polandia atau ayam jambul, ayam mahkota. Ayam ini benar-benar memiliki daya tarik tersendiri. Ayam hias yang unik, aneh, catik dan langka. Orang yang baru pertama melihat pasti langsung terheran heran. Tak heran jika ayam poland ini tetap di cari pecinta ayam hias. Di tambah lagi harga ayam poland yang relatif terjangkau. Sayangnya, karena setelah sekian lama ada di Indonesia, banyak peternak yang menyilangkan ayam poland ini dengan ayam lain. Tujuannya mungkin mencari warna, mencari tanduk, dan ingin menghasilkan varietas baru yang lebih unik. Seperti munculnya ayam leher gundul berjambul, ayam poland batik, ayam poland bersimbar dan sebagainya.
Menurut kami hal itu sah-sah saja. Tapi sayang kadang produk gagalnyapun beredar di pasaran. Dan untuk anda yang membeli hasil silangan jangan kecewa jika turunan atau anakannya tidak seperti induknya. Oleh karena itu beberapa waktu lalu salah seorang pecinta ayam poland mendatangkan kembali ras murni ayam poland. Harga ayam hias polandia sangat tergantung sekali dengan kualitas dan keeksotisannya. Bisa jadi memiliki jambul lebat namun warna kurang menarik, atau sebaliknya warnanya bagus tapi jambulnya “ngeciwis” (sedikit), harga bisa jadi hancur. Jangan heran jika ada ayam poland yang harganya 7-10 juta, karena mungkin ayam import dengan kualitas istimewa.

Harga ayam poland 2019 relatif ditinjau dari segi warna, jambul, dan keexotikan keseluruhan. Sebagai patokan harga termurah, sepasang indukan ayam poland di jual 1.000.000 sepasang. Sedangkan anakan ayam hias poland tersedia mulai 75.000 – 100.000/ekor.

 

Ayam Batik

harga ayam batik

 

Jenis dan harga ayam hias Batik. Popularitas ayam hias Batik atau Sebright Bantam Chicken mungkin tidak seperti ayam poland. Namun ayam ini tetap istimewa dan banyak dicari karena keunikannya. Tubuhnya yang kecil banyak diminati para penghobi ayam hias di kota-kota besar karena minimnya tempat. Dengan tubuh mungilnya dan warnanya yang cantik ayam batik kanada ataupun batik Itali tetap menjadi pilihan pecinta ayam hias.
Kualitas ayam batik juga sangat menentukan harga ayam hias ini. Beberapa kali kami temui ayam batik dengan warna pudar. Ada juga jenis ayam batik dengan jengger wilah (singgle comb) dan berbodi besar. Sedangkan menurut standarnya, ayam sebright masuk kategori bantam chicken dengan jengger mawar (rose comb). Berikut ini Harga Jual Ayam batik 2019, harga tergantung kualitas, dan usia ayam batik.

Ayam Mutiara 

harga ayam mutiara vulturin

Jenis dan harga ayam hias  mutiara / guinea fowl disebut juga ayam api-api, terkenal karena bentuk dan keunikannya. Ayam asli Benua Afrika ini sudah lama mengisi Bursa ayam hias Indonesia. Di habitatnya ayam mutiara hidup bergerombol di semak-semak. Mereka mempunyai kepekaan yang tinggi sehingga sering digunakkan sebagai alarm oleh para peternak. Meskipun produk atau bertelurnya setahun sekali, ayam mutiara tergolong mudah di ternak. Jumlah telur sangat banyak dalam satu musim. Betina ayam mutiara sanggup bertelur hingga 60 butir.

Karena banyaknya telur ayam hias mutiara tidak pandai mengeram. Para peternak menggunakan mesin tetas untuk menetaskan telurnya. Jika di lepas bebas daya jelajah ayam mutiara sangat jauh. Ayam ini juga suka memakan tanaman atau rumput. Suara khas betina adalah “kekok – kekok”, dua nada. Sedangkan jantannya satu nada melengking keras. Salah satu cara untuk membedakan jenis kelamin ayam mutiara adalah dari suaranya tersebut. Karena dari fisik jantan dan betina terlihat sama.

Mudahnya budi daya ayam mutiara membuat harga ayam mutiara turun di Bursa ayam hias Indonesia. Meskipun demikian, untuk jenis ayam mutiara yang masih jarang seperti Vulturin yang masih sangat jarang. Berikut ini Harga Ayam mutiara 2019 menurut jenisnya .

 

Ayam Onagadori

harga ayam onagadori

Jenis dan harga ayam hias onagadori. Onagadori adalah ayam ekor panjang dari Jepang yang sangat eksotis. Untuk menikmati ekor panjangnya harus menunggu paling cepat 2-3 tahun. Tidak semua peternak ayam onagadori bisa  merawat ayam ini hingga memiliki ekor yang panjang. Rata-rata peternak hanya bisa mengembangkan atau memperbanyak dan menjual anakan onagadori. Oleh karena itu harga ayam hias onagadori yang memiliki ekor panjang maksimal dengan tampilan/warna yang eksotis bisa sangat mahal.

Untuk merawat ayam onagadori anda harus memiliki kandang ayam hias yang sesuai, supaya ayam tetap nangkring dan tidak turun ke lantai. Beberapa peternak membuat kandangnya seperti almari yang tinggi. Hal ini juga bermaksud mempercepat pertumbuhan ekor panjang.

Berikut ini harga ayam onagadori terbaru 2019. Sekali lagi harga ayam hias onagadori tergantung kualitas tampilan dan kondisi ekor.

 

Ayam Phoenix

harga ayam phoenix

Sama halnya dengan ayam onagadori, ayam hias phoenix yang termasuk ayam hias ekor panjang dari Jepang juga membutuhkan perawatan dan perlakuan extra. Menumbuhkan dan menjaga ekor ayam phoenix dan onagadori tetap panjang memang sangat susah, butuh perhatian dan kesabaran lebih. Karena itu sangat pantas jika harga ayam phoenix dengan kualitas bagus bisa sangat mahal.

Sebagai gambaran foto ayam phoenix di atas adalah hasil peternak ayam hias Jogja yang laku kami jual seharga 9 juta rupiah ke Malang.

Para peternak ayam hias dari Yogyakarta dan Magelang terkenal dengan produksi ayam hiasnya yang berkualitas. Selain itu banyak juga peternak ayam hias dari Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, dan Surabaya yang menghasilkan ayam ekor panjang yang bagus. Harga ayam phoenix terbaru 2019 (tergantung kualitas dan kondisi ekor).

 

Ayam Brahma

jenis dan harga ayam brahma

Ayam hias brahma yang mulai beredar di Indonesia tahun 2012 kini sudah tersebar di pasaran. Layaknya ayam hias lainnya yang mudah berkembang biak membuat harga ayam brahma turun. Meskipun harga ayam brahma juga tergantung dari kualitas. Bahkan beberapa pembeli yang tahu menanyakan trah atau asal usul ayam brahma. Seperti halnya ayam bangkok atau ayam aduan bisa jadi ayam brahma, black sumatra dan ayam hias lainnya perlu di buat tagging supaya jelas asal usulnya.

Memang beberapa pembeli ayam brahma ada yang kecewa dengan kualitas ayam yang di beli. Beberapa penangkar memang sengaja menyilangkan ayam brahma dengan jenis lainnya untuk mendapatkan hasil yang lain, namun sayangnya produk gagalnya juga beredar keluar. Harga ayam brahma yang dulu sempat viral sebagai ayam raksasa kini tak sebesar dulu.

Tapi peternak yang mempertahankan harga ayam brahma dengan jenis dan kualitas yang benar-benar di jaga juga masih banyak. Jangan heran jika harga ayam brahma asli  atau ori tetap tinggi. Jenis dan harga ayam hias terbaru ayam brahma terbaru 2019 dapat dilihat di bawah.

Ayam Dongtao

jenis dan harga ayam dongtao

Dongtao chicken adalah ayam asal Vietnam yang dahulu disimpan khusus untuk keluarga kerajaan. Konon pada awalnya ayam dong tao hanya dikembang biakan untuk melayani konsumsi kerajaan di Hanoi. Berat ayam dong tao bisa mencapai 5-6 kg. Saat ini, ayam dong tao mulai disajikan di restoran restoran mahal di  Vietnam. Ayam Dongtao masuk ke Indonesia sekitar tahun 2015 dan masih exist dampai sekarang di bursa ayam hias Indonesia.

Keunikan kakinya yang besar hingga sering disebut sebagai Ayam Monster atau ayam kaki gajah. Harga ayam dong tao masih lumayan. Apalagi ayam ini juga sedikit susah dalam perawatannya. Harga anakan ayam   dongtao berkisar 500-1 juta tergantung dengan kualitasnya. Yang kadang aneh terjadi di Indonesia adalah menyilangkan ras ayam dengan ayam lain. Seperti DongTao disilangkan dengan ayam pelung. Mungkin maksudnya supaya jadi ayam yang tinggi besar dan memiliki kaki monster. Tidak maslah jika untuk dinikmati sendiri atau jika hasilnya memuaskan. Namun jangan sampai hasil silangan di jual di pasaran dengan tetap menyebutkan ayam ori.

 

Black Sumatra

jenis dan harga ayam hias

Ayam hias Black Sumatra adalah ayam asli Indonesia yang sudah punah di negeri sendiri.  awalnya black sumatra dijadikan ayam aduan super. Ayam hias ini berasal dari hutan sumatra. walaupun dari pulau sumatra anda tidak akan mudah menemukan ayam ini apalagi yang berkualitas, karena ayam ini pada tahun 1880an sudah diekspor atau dibawa ke benua amerika dan eropa. mereka tertarik pada bulu ayam sumatera yang indah dan berwarna mengkilat. ayam ini mempunyai bulu dominan berwarna hitam seperti ayam cemani akan tetapi mempunyai gaya bertarung yang lincah dan gesit.

Eksploitasi besar-besaran itu yang akhirnya membuat ayam Black sumatra punah di negeri aslinya sendiri. Kemurnian ras ayam black sumatra pantas diragukan. Pasalnya sudah lama sekali di bawa ke negeri orang dan disana kita tidak tahu di silangkan dengan jenis apa saja. Meski begitu Standar Ayam Black Sumatra sudah ditetapkan oleh asosiasi – asosiasi di luar negeri semper American Poultry Assosiacion dan British Poultry Standard.

Setelah banyaknya larangan Ayam aduan di Amerika dan belahan dunia lainnya yang menolak Animal welfare, Ayam black Sumatra tetap dihormati dan dipelihara sebagai ayam hias. Harga ayam black sumatra tergolong lumayan, karena induknya didatangkan dari luar negeri. Harga anakan black sumatra masih berkisar 1 jutaan. Sedangkan harga blck sumatra indukan bisa mencapai 5-10 juta.

 

Ayam Pheasant

harga ayam hias jenis lady pheasant

Jika boleh dikategorikan, ayam pheasant termasuk kategori ayam hias kelas ningrat. Harga ayam pheasant yang rata-rata mahal hanya bisa dimiliki kalangan menengah ke atas. Kecantikan ayam pheasant tidak menyurutkan para penghobi untuk memiliki ayam hias ini. “Mati ya beli lagi.” kata kolektor ayam hias yang sangat cinta keindahan ayam pheasant.

Beberapa jenis ayam pheasant sangat mudah di budidaya. Sedangkan jenis lainnya belum banyak peternak yang sukses mengembangbiakkannya. Hukum pasar juga berlaku di bursa ayam hias Indonesia. Untuk ayam hias ring neck contohnya yang sudah banyak di pasaran sehingga harganya turun. Namun seperti pegar emas atau golden pheasant, yellow, lady pheasant dan silver masih tetap exist sebagai ayam hias termahal di bursa ayam hias Indonesia.

Harga ayam pheasant yang banyak dipelihara sudah pernah kami posting sebelumnya. Posisi disini hanya melengkapi jenis dan harga ayam hias terbaru.

 

Ayam Merak

harga merak biru

Merak yang boleh di jual belikan adalah merak India baik dari hasil breeding maupun import.
Merak biru dan merak putih adalah satwa asli India yang sudah lama menyebar ke negara-negara lain termasuk juga Indonesia. Pavo Cristatustermasuk mudah untuk dikembangkan. Bahkan di Cina ayam merak di budidaya untuk dikonsumsi. Status perlindungan IUCN Red List merak biru adalah Least Concern. Dan tidak masuk dalam daftar hewan Appendix CITES.

Lain halnya dengan Merak Hijau (Pavo Muticus) asli Indonesia. Merak asli Pulau Jawa ini statusnya dilindungi undang-undang dan masuk kategori satwa Appendix Cites. Bukannya tidak boleh dipelihara, namun anda harus membeli dari penangkaran merak hijau yang resmi. Dan untuk budidaya merak hijau harus mendapatkan izin dari BKSDA.

Harga ayam merak atau burung merak ini masih relatif mahal. Anakan merak biru saja yang termurah mencapai 10 juta. Sedangkan harga merak putih sedikit di atas merak biru karena masih langka. Harga ayam hias terbaru untuk jenis merak biru dan merak putih bisa anda lihat di tabel.

 

Burung Unta

harga burung unta

Burung unta atau Ostrich (Struthio camelus) adalah burung raksasa yang masih ada sampai sekarang. Burung asal Benua Afrika ini juga sudah menyebar ke berbagi penjuru dunia. Di habitatnya di Afrika burung ini di lindungi dan di larang untuk di tangkap atau dimanfaatkan. Namun di luar habitat burung unta ini diternakkan dan di ambil daging, kulit, bulu dan telurnya untuk dimanfaatkan.

Di Thailand, Malaysia dan Australia burung unta di budidaya untuk daging, kulit dan bulunya. Sedangkan di Indonesia pernah ada penangkaran di Purwakarta namun telah di tutup karena “Bangkrut”.  

Harga Ostrich/burung unta didapatkan dari importir ayam hias dan burung eksotis. Harga burung unta patokannya tidak jelas karena sangat tergantung naik turunnya USD$. Sebagai acuan biasanya harga jual anakan burung unta berkisar 10-15jt per ekor.

“Anakan burung unta dan Rhea hanya tersedia pada saat-saat tertentu, biasanya pada musim kemarau. Untuk membeli anakan burung unta dan rhea bisa preorder.” Kata Bamsbreeder

 

Bebek Hias

harga bebek mandarin

Bebek-bebek dan angsa cantik ini sangat cocok menghiasi taman dengan kolam kecil. Bisa di halaman, untuk villa, mini zoo dan tempat wisata atau rekreasi untuk menarik pengunjung. Penampilan yang aneh, unik dan cantik ini sangat di sukai. Terutama untuk jenis bebek mandari dan carolin yang sudah lama ada di Indonesia.

Bebek Mandarin atau Aix galericulata adalah bebek berukuran sedang dengan panjang 41- 49 cm dan bentang sayap 65- 75 cm dan berat sekitar 500-700 gram. Bebek mandarin dapat bertelur sekitar 12 butir. Mereka dapat hidup hingga 20 tahun lebih. Untuk budidaya bebek mandarin diperlukan kolam secukupnya. Mereka tidak seperti unggas pada umumnya yang melakukan proses perkawinan di darat. Mereka akan kawin di air. Dan yang perlu diketahui, bebek mandarin dan kebanyakan bebek hias lainnya adalah monogami. Mereka setia pada pasangannya. tak jaran jika salah satu mati maka pasangannya akan menyusul mati.

Harga bebek hias mandarin dan caroline terpantau stabil di bursa ayam hias Indonesia. Hal ini dikarenakan sulitnya mengembang biakan bebek cantik ini. Terlebih lagi harga angsa hias, seperti black swan dan mute swan. Harga black swan dan mute swan masih sangat mahal karena masih harus di Import dari luar negeri. Harga mute swan dan black swan sangat mahal karena cost import yang tinggi.

 

Burung Macaw

harga macaw

Burung macaw adalah burung paruh bengkok berbodi besar yang berasal dari Amerika. Burung macaw banyak disenangi para penghobi karena bisa jinak dan bisa di latih. Kebanyakan para penghobi free fly lebih memilih burung import dari pada burung lokal yang statusnya dilindungi.

Amazon parrot sesuai namanya berasal dari Amazon. Burung amazon biasa terkenal karena kepandaiannya. Baik dari segi menirukan suara manusia (bicara) ataupun dilatih trick. Beberapa jenis burung amazon bahkan bisa dilatih bicara dan interaksi dengan manusia. Tentu harga burung amazon menjadi sangat mahal, bukan karena jenis burungnya tapi karena skillnya.

Satu lagi burung yang pandai bicara adalah Afgrey atau african grey. Burung ini bisa dilatih bicara dan interkasi dengan manusia. Anda bisa browsing di youtube dengan keyword “einsten parrot”. Burung paruh bengkok terpintar yang pernah ada.

Harga burung macaw, amazon, dan african grey yang mahal banyak dimanfaatkan oleh penipu online. Mereka menawarkan harga macaw murah sehingga pembeli pemula tertarik. Harga burung macaw paling murah masih 30 jutaan sedangkan para penipu hanya menawarkan 5 jutaan. Sama halnya denga harga african grey parrot yang masih berkisar 10 jutaan.

 

Daftar Harga Ayam Hias

Jenis Ayam HiasKisaran Harga
Kalkun BronzeRp 750.000
Kalkun PutihRp 1.000.000
Kalkun Red Bourbon / Kalkun CoklatRp 1.500.000
Kalkun Black SpanishRp 2.500.000
Kalkun Royal PalmRp 2.500.000
Kalkun Blue SlateRp 9.000.000
Kalkun OccelatedRp 100.***.***
Anakan Ayam KalkunMulai Rp 50.000 tergantung *jenisnya
Ayam PolandRp 1.000.000
Anakan Ayam PolandRp 75.000
Ayam Batik ItaliRp 1.000.000
Ayam Batik KanadaRp 1.000.000
Anakan ayam batikRp 75.000
Ayam Mutiara hitamRp 750.000
Ayam mutiara abu-abuRp 850.000
Ayam mutiara putihRp 1.000.000
Ayam mutiara VulturinRp 15.000.000
Ayam onagadori5-15 juta tergantung kualitas
Anakan ayam onagadoriRp 1.000.000
Ayam Phoenix5-15 juta*
Anakan ayam phoenix Rp 1.000.000
Golden PheasantRp 10.000.000
Lady amherst pheasantRp 14.000.000
Yellow pheasantRp 12.000.000
Ringneck pheasant merahRp 3.000.000
Ringneck pheasant hijauRp 5.000.000
Ringneck pheasant putihRp 15.000.000
Ringneck pheasant abu-abuRp 15.000.000
Silver pheasantRp 12.000.000
Reeves Pheasant Rp 12.000.000
Swinhoe pheasantRp 25.000.000
Kalij PheasantRp 25.000.000
Elliot pheasantRp 30.000.000
Ayam Brahma LightRp 7.500.000
Ayam Brahma BuffRp 5.000.000
Ayam brahma blueRp 10.000.000
Ayam Brahma DarkRp 7.500.000
Ayam Brahma PatridgeRp 7.000.000
Anakan ayam brahmaMulai Rp 500.000
Merak BiruRp 35.000.000
Merak putihRp 45.000.000
Ankanan merakRp 10.000.000
Merak Hijau ResmiRp 45.000.000
Burung unta anakanRp 30.000.000
Mandarin DuckRp 8.500.000
Carolin DuckRp 8.500.000
Black swanRp 40.000.000
Mute swanRp 45.000.000
Macaw Blue and goldRp 30.000.000
Macaw greenwingRp 50.000.000
Macaw HarlequinRp 60.000.000
Macaw scarletRp 90.000.000
African Grey / AfgreyRp 10.000.000
Kakatua GalahRp 20.000.000
SunconureRp 5.000.000
Rosella paraketRp 5.000.000
Ayam modern game bantamRp 4.500.000
Ayam White Face Rp 7.500.000
Ayam Ga Tre Tan ChauRp 7.500.000

Demikian informasi jenis dan harga ayam hias terbaru. Harga tersebut adalah harga patokan bursa ayam hias Indonesia. Setiap peternak dan penjual bebas menentukan harga jualnya sendiri.

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.