Cara Merawat Ayam Hias

Cara merawat ayam hias pada dasarnya sama saja dengan ayam biasa pada umumnya. Namun faktor harga yang mahal dan sugesti pemiliknya yang merasa “sayang” terhadap ayam hias yang dimiliki sehingga membedakan penanganan ataupun perawatan antara ayam hias dengan ayam biasa. Beberapa ayam hias memang perlu perlakuan dan perawatan khusus supaya tetap dalam kondisi fit dan prima sehingga menghasilkan apa yang diinginkan pemiliknya. Misalnya pada ayam yang dinikmati kokoknya. Beberapa jenis ayam hias juga membutuhkan kandang khusus supaya tidak terbang seperti ayam pheasant yang bisa meloncat hingga 3 meter.

 

KANDANG AYAM HIAS

Memberikan kandang yang aman dan nyaman adalah kewajiban pemilikĀ  ayam hias supaya ayam kesayangan tetap dalam kondisi prima. Kebersihan kandang juga wajib menjadi perhatian yang utama dalam merawat ayam hias. Bukan hanya untuk ayam, tapi faktor kandang juga harus benar-benar diperhatikan agar tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Bentuk dan ukuran kandang harus disesuaikan dengan jenis ayam hias yang dipelihara. Ayam bekisar, ayam hutan, ayam pelung, dan ayam ketawa mungkin cock dengan sangkar bulat atau sangkar kotak seperti sangkar burung besar. Yang demikian biasanya digunakan untuk ayam hias “jomblo” khusus kontes atau lomba. Bukan untuk di ternak. Sedangkan kandang ternak biasanya di tanah dengan ukuran minimal 1 x 1 meter. Ayam onagadori atau ayam phoenix yang memiliki ekor panjang membutuhkan kandang khusus supaya ayam tetap nangkring di atas dan tidak turun ke bawah.

Kandang “full closed” dari kawat ram biasanya wajib untuk jenis ayam pheasant. Karakter yang liar dan bisa terbang membuat ayam golden pheasant harus berada di kandang tertutup. Lantai atau alas kandang ayam pheasant bisa berupa tanah, pasir, semen atau kombinasi dari ketiganya. Beberapa peternak justru menggunakan lantai keramik supaya mudah dalam membersihkannya.

Keaamanan kandang termasuk hal penting. Aman dari gangguan pengusik atau predator dan juga dari gangguan tangan-tangan jahil. Kandang ayam yang baik harus bisa menjaga dari musuh ayam seperti tikus, ular, dan musang. Perhatikan juga faktor “sinar matahari” dan kelembapan kandang. Kandang yang baik terkena sinar matahari yang cukup terutama di pagi hingga siang hari. Tidak boleh terlalu lembab karena bisa mengundang penyakit.

Model, ukuran, dan posisi kandang ayam sekali lagi tergantung jenis ayam hiasnya. Tips bagi anda pecinta ayam hias, minimal berikan kandang yang cukup bagi ayam untuk mengepakkan sayapnya.

 

makanan ayam hias

MAKANAN AYAM HIAS

Asupan makanan yang bergizi sangat mempengaruhi perkembangan dan kesehatan ayam. Bahkan untuk beberapa jenis ayam perlu “diet” khusus yang sesuai untuk mendapatkan suara yang diinginkan. Seperti ayam bekisar dan ayam pelung yang suaranya bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Makanan pabrik siap saji biasanya sudah cukup mengandung unsur yang dibutuhkan untuk ayam. Namun perlu diperhatikan, ada makanan untuk anak ayam, untuk ayam remaja dan untuk indukan ayam. Para peternak ayam hias biasanya mengabaikan hal tersebut. Padahal nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi berbeda. Dan pabrikan pakan ayam sudah menyediakan jenis pakan yang berbeda untuk tiap usia. yang kami ketahui untuk anak ayam biasanya dengan kode 1 di belakang. Seperti AD 1 atau 511 atau 591 untuk anak ayam, kemudian AD 2 atau 521 atau 592 untuk selanjutnya dan seterusnya yang kami tahu hingga angka 4.

Pemain ayam aduan biasanya lebih menurut aturan pabrik ini demi mendapatkan ayam aduan berkualitas. Namun tidak semua peternak ayam hias melakukan itu. Jangan salah antara voor dan konsentrat. Voor adalah pakan ayam jadi yang sudah lengkap kandungannya sehingga tidak perlu lagi di campur atau di tambah jenis pakan lainnya. Sedangkan konsentrat adalah pakan campuran yang memang harus dilengkapi atau di tambah seperti jagung, beras merah, katul dan lainnya.

Tips merawat ayam hias dari segi pakan kami dapat dari Dr Sri Harimurti salah satu dosen di fakultas peternakan UGM. Jangan memberikan sembarang makanan kepada ayam seperti nasi basi atau yang sejenisnya. Kandungan berbahaya pada makanan basi tidak cuma berbahaya bagi manusia tapi juga pada ayam. yang jelas “ojo sio-sio” sama ayam. Kalau diterjemahkan “jangan semena mena” meskipun dengan ayam.

 

VITAMIN UNTUK AYAM HIAS

Seperti juga manusia, ayam hias juga memerlukan vitamin tambahan. Vitamin yang biasa di jual di poultry biasanya vitamin yang di campur atau dilarutkan di air minum. Vitamin biasanya diberikan 2-3 hari sekali. Perlu diperhatikan Minuman yang di campur dengan vitamin harus habis dalam jangka waktu 1 x 24 jam. Jika sisa maka air tersebut harus di buang dan di ganti air minum biasa.

Vitamin biasanya sangat diperlukan pada saat musim pancaroba. Merawat ayam hias di saat pergantian musim memang perlu sedikit ditingkatkan. Seperti unggas lainnya, terjadi musim-musim dimana mereka agak sedikit lesu, nafsu makan berkurang, dan kurang aktif. Saat yang demikian diperlukan asupan vitamin ke dalam tubuh karena kurangnya sumber nutrisi dari makanan.

Beberapa peternak ayam hias juga memberikan semacam probiotik pada ayam mereka. Berbagai merek probiotik beredar di pasaran. Intinya memberikan mikroorganisme yang baik dan antibiotik untuk menjaga kesehatan ayam his.

 

Demikian sedikit Tips Cara Merawat Ayam Hias kami sampaikan yang akan kami sambung di artikel kami selanjutnya.

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *