Ayam Hias Onagadori

Salah satu jenis ayam yang terkenal karena keunikan dan keeksotisannya adalah onagadori. Ayam hias yang berasal dari negara sakura ini sangat terkenal di kalangan penghobi dan pecinta ayam hias. Ayam hias onagadori memiliki keunikan di ekornya. Bulu ekor ayam ongadori bisa tumbuh panjang hingga mencapai 3 meter. Bahkan di negara Jepang asalnya, ekor ayam onagadori bisa mencapai panjang 5 meter.

Sejarah Ayam Onagadori di Indonesia

Di Indonesia onagadori sudah banyak dikembangkan tetapi kebanyakan peternak biasanya hanya bisa memperbanyak ayam ini tanpa bisa merawat ekornya supaya tumbuh maksimal. Memang merawat ayam onagadori sedikit susah, perlu kesabaran dan keuletan yang tinggi. Padahal ayam onagadori adalah salah satu jenis ayam hias untuk dinikmati keindahannya.

Salah satu peternak ayam onagadori di Yogyakarta adalah “Prayitno Farm” yang sudah lama mengembangkan ayam hias jenis ini. Berdasarkan keterangan yang kami dapat, Prayitno Farm atau yang terkenal dengan Ayam Hias Jogja mendapatkan bibit ayam onagadori dari TMII. Sejak tahun 2012 Dwi Susanto mengembangkan ayam ekor panjang ini.

Ayam hias Onagadori

Untuk penghobi baru biasanya di buat bingung dengan perbedaan antara ayam onagadori dan phoenix. Melihat sejarahnya ayam phoenix masih ada darah keturunan dari onagadori. Hanya saja ayam phoenix biasanya memiliki postur yang lebih pendek dan lebih ramping. Dari jenis bulu ekor ayam phoenix juga memiliki jenis bulu yang cenerung kaku dan lurus. Sedangkan ayam onagadori memiliki bulu yang lemas dan agak ikal.

Merawat Ayam Onagadori

Merawat ayam onagadori diperlukan ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Panjang ekornya tergantung bagaimana kita merawatnya. Biasanya diperlukan kandang khusus untuk menjaga ayam ini tetap “nangkring” atau berada di atas. Hanya sesekali saja ayam kita lepas di lantai/tanah dengan pengawasan. Ekor yang panjang akan mudah patah dan rusak jika kita membiarkan ayam ini bebas bermain di tanah. Sebenarnya hal ini dapat diakali dengan sistem kawin suntik atau inseminasi buatan (IB). Atau dapat juga dengan melatih ayam jago supaya mau kawin “dodokan”.

Karena tingkat kesulitan dalam memelihara ayam hias onagadori ini, tidak heran jika harga ayam onagadori dengan ekor yang panjang maksimal bisa mencapai puluhan juta rupiah. Sedangkan harga anakan ayam onagadori lebih murah dan lebih terjangkau. Namun penting di ingat bahwa tidak semua orang bisa menjaga dan merawat anakan ayam onagadori hingga memiliki ekor yang panjang maksimal.

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *