Ayam Hias Ring Neck Pheasant Hijau

Ayam hias ringneck pheasant hijau, salah satu jenis ring-necked pheasant yang terkenal sebagai ayam hias pendeteksi gempa. Bentuk atau penampilan dan warnanya yang unik  membuat ayam hias ring neck hijau banyak diminati oleh pecinta ayam hias. Perawatan dan budidayanya yang mudah membuat ayam ini banyak di ternak oleh para peternak ayam hias.

ayam ringneck hijau

Mengenal Ayam Ring neck Pheasant Hijau

Di luar negeri ayam ringneck pheasant hijau di sebut Melanistik Mutan Pheasant. Memiliki warna yang berbeda dengan ayam ringneck merah. Mereka memiliki warna-warni biru-hijau dari kepala  hingga seluruh tubuhnya. Pejantan mirip sekali dengan Pheasant Hijau dari Jepang , tetapi memiliki warna sedikit lebih pucat. Beberapa mutasi memiliki warna hijau sempurna hingga warna cincin putih di leher sebagai ciri khas ayam ringneck  hilang.

Ayam mutan hijau jantan memiliki bulu berwarna hitam kehijauan yang menampilkan efek kemilau biru, ungu, karat, dan hijau di bawah sinar matahari. Sementara betina kurang menarik dan tidak berwarna. Ukuran ringneck betina lebih kecil dari ringneck jantan dan tidak memiliki ekor panjang. Ayam hias ringneck hijau memiliki kemampuan berbeda dari ringneck merah dalam bertahan hidup. Ring neck hijau dikenal memiliki kemampuan lebih untuk bertahan hidup dan berkembang biak ketika dilepaskan ke alam liar.

Ayam ringneck hijau atau Melanistic Mutant bertelur hingga 30 – 50 butir sepanjang musim semi dan musim panas. Induk betina mengeram 24 – 25 hari . Ayam ringneck  muda mulai berubah warna dewasa di usia 5-6 bulan, sama seperti ringneck merah.

Keunikan Ayam Ringneck Hijau

Seperti halnya ring neck pheasant merah mereka memiliki kepekaan indera dalam mendeteksi getaran alam. Ayam ringneck akan berkokok panik berulang ulang, ribut dan mengepakkan sayapnya sambil berkokok beberapa menit sebelum gempa terjadi. Salah satu kelebihan yang dimilki jenis ayam pheasant ringneck.

Warna hijau mengkilap (sambeliler) sangat eksotis untuk menghiasi taman atau halaman rumah anda dengan kandang kecil minimal ukuran 1 x 1 meter. Jika untuk diternakkan lebih baik menggunakan kandang yang lebih luas. Ringneck termasuk unggas polygami, 1 jantan bisa dikawinkan dengan 4-5 betina.

Makanan Ayam Hias Ringneck Pheasant Hijau

Untuk makanan ringneck pheasant di peternakan sama dengan pakan ayam hias lainnya. Pakan pabrik atau voor yang disesuaikan jenisnya dengan usia ayam. Tambahan makanan berupa biji-bijian seperti beras merah, jagung giling, kacang-kacangan bisa ditambahkan.

Sayuran hijau seperti sawi dan kangkung untuk menambah gizi. Sedangkan serangga seperti jangkrik dan ulat hongkong atau ulat kandang dapat diberikan seminggu sekali.

Peluang Usaha Ternak Ringneck Pheasant Hijau

Melihat harga dan banyaknya permintaan ayam ringneck hijau, peluang usaha ternak ayam hias ringneck pheasant masih menggiurkan. Apalagi untuk jenis ringneck lebih mudah dikembangkan dari pada jenis golden pheasant, yellow pheasant dan lady pheasant.

Dari segi perawatan ayam hias ringneck pheasant hijau juga lebih mudah  dan ketahan tubuh ringneck pheasant hijau juga lebih baik  . Prospek budidaya ayam hias ringneck hijau masih menggiurkan.

 

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.