So Sexy, Ayam Hias Modern Game Bantam

Ayam hias modern game belum lama beredar di bursa ayam hias Indonesia. Baru di tahun 2018 kemarin ayam modern game bantam ini mulai dibudidaya oleh para peternak ayam hias di Indonesia. Bagi yang belum pernah melihat penampakan ayam hias ini pasti terheran-heran. Penampilannya tidak seperti ayam hias lainnya. Kurus, tinggi, langsing bak model sexy yang sangat sexy. Nampaknya ayam hias modern game wajib untuk anda miliki sebagai koleksi ayam hias terbaru di  2019 ini.

ayam modern game

Sejarah Ayam Modern Game

Ayam Modern Game berasal dari Britania Raya. Mereka muncul berkat larangan sabung ayam pada tahun 1849. Kemudian para peternak Game Fowl mulai menunjukkan burung mereka di pameran ayam hias sebagai gantinya. Seiring berlalunya waktu, kriteria pertunjukan membuat karakteristik tertentu yang lebih diinginkan. Ayam yang lebih tinggi dan bulu yang keras misalnya yang diperlukan jika seorang peserta pameran memenangkan salah satu hadiah utama. Sekitar tahun 1870 mereka disebut ‘Exhiition Game’ dan mereka berada pada tahap peralihan, sekitar setengah jalan antara tinggi asli dan tinggi mereka yang kita lihat hari ini.

Pada 1880-an nama Game Inggris Kuno digunakan oleh beberapa orang. Mereka benar-benar tumbuh dalam popularitas dan ada sejumlah divisi di seluruh negeri dengan beberapa peternak berpikir mereka tidak boleh setinggi itu, jadi mereka memisahkan diri untuk melakukan hal mereka sendiri dan membentuk kelompok mereka sendiri. Ini adalah titik awal untuk trah-trah selanjutnya: Oxford Old English Game dan Carlisle Old English Game yang menjadi trah yang sangat populer dalam hak mereka sendiri.

Pada 1910, mereka disebut Modern Game dan tinggi dan ramping dengan bulu yang keras, seperti ayam yang kita lihat hari ini. Klub ayam Modern Game telah dibentuk dan beberapa ayam bertukar tangan untuk sejumlah besar uang.

Selama Perang Dunia Pertama, Modern Game (besar) menurun popularitasnya. Karena mereka murni jenis pameran yang mendapatkan harga tinggi, pendatang baru tidak mampu membelinya dan mereka tidak produktif, hanya bertelur beberapa. Mereka akan membutuhkan banyak biaya bagi peternak untuk menjaga kekurangan dan kesulitan pangan.

Pada saat Perang Dunia Kedua, Modern Game berada di tangan yang sangat sedikit dan diyakini telah punah meskipun banyak yang telah diekspor ke Eropa dan Amerika. Berkat peternak Jerman Paul Hohmann yang menerima beberapa telur tetas dari Amerika pada 1960-an dan mulai berkembang biak dalam jumlah dan menciptakan banyak varietas warna yang kita miliki  saat ini.

ayam modern game bantam

Modern Game Bantam

Ayam Modern Game Bantam mulai muncul pada tahun 1860-an dan pada awal 1900-an. Seperti rekan-rekan besar mereka telah berevolusi menjadi jenis ayam yang kita lihat sekarang.  Jumlah mereka tidak berkurang drastis seperti rekan-rekan mereka yang besar selama Perang Dunia Pertama karena mereka jauh lebih murah untuk menjaga, dan mengkonsumsi lebih sedikit pakan.

Selain klub Permainan Modern, sejumlah besar klub yang lebih kecil muncul di Inggris, melayani beberapa varietas warna seperti Brown-Red dan Pile. Pada pecahnya Perang Dunia Kedua, klub-klub ini seperti banyak yang lain menangguhkan aktivitas mereka dan tidak pernah membuka kembali pintu mereka tetapi digantikan oleh The Modern Game Bantam Club pada tahun 1948 yang kemudian menjadi The Modern Game Club yang mencakup ukuran besar dan ukuran bantam. Saat ini ayam Modern Game bantam masih tetap menjadi favorit dan jauh lebih populer daripada ukuran besar.

Tips memelihara ayam Modern Game

Modern Game lambat untuk dewasa dan tidak terlalu kuat sehingga perawatan yang memadai diperlukan selama cuaca dingin. Sebagian besar peternak menyimpannya di kandang besar /  indoor selama bulan-bulan musim dingin. Mereka sangat cocok dipelihara di taman yang rapi. Mereka adalah jenis ayam hias yang tidak suka menggaruk tanah atau rumput seperti ayam lain.

harga ayam modern game

Ciri-ciri Ayam Modern Game Bantam

Dari tampilan fisik sudah sangat jelas dapat dibedakan antara modern game bantam dengan ayam lain. Ukuran kaki yang tidak lazim dimiliki ayam lainnya. Karena itu  mereka sering disebut ayam jangkung. Panjang kakinya yang lebih panjang dari ayam biasa membuat keunikan tersendiri. Sangat pantas jika ayam modern game bantam menjadi ayam hias murni. Mereka tidak bisa digunakan sebagai ayam lain seperti pedaging atau petelur. Tidak seperti ayam brahma yang bisa multifungsi.

Mungkin anda akan dibuat bingung oleh foto-foto yang menampilkan modern game bantam dengan kepala mulus tanpa jengger (comb). Ini adalah syarat kontes di luar negeri dimana aslinya jengger wilah (single comb) mereka dipotong sehingga tampak tanpa jengger.

Spesifikasi Ayam Modern Game

Kegunaan: Pameran / Hias
Asal: Britania Raya. Telur: 50-80 Berwarna.
Berat: Ayam: 3,2 – 4,1Kg. Hen: 2,25 – 3,2 Kg.
Bantam: Ayam: 570 – 620g. Hen: 450 – 510g
Warna: Birchen, Hitam, Hitam-Merah, Biru, Biru-Merah, Coklat-Merah, Lemon Biru, Tumpukan, Perak Biru, Duckwing Perak, Duckwing Emas, Wheaten, Putih.
Perlu Diketahui: Game Modern Bantams akan jinak dengan mudah, membuat hewan peliharaan yang sangat baik dan merupakan tambahan yang tidak biasa ke taman dengan penampilan tinggi dan ramping yang tidak akan menggaruk tanah atau rumput seperti ayam  lainnya.

Harga ayam Modern Game Bantam

Karena termasuk ayam hias pendatang baru di bursa ayam hias Indonesia, harga ayam hias modern game bantam  masih termasuk mahal. Harga indukan modern game dipatok 3-5 juta perpasang tergantung jenis/warna. Sedangkan harga anakan modern game bantam berkisar 1-2 juta perpasang.

Bagi anda yang ingin memiliki ayam hias modern game bantam dapat membeli dari para peternak ayam hias yang biasanya menjual hasil ternak modern game mereka melalui online shop dan sosial media.

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.