American Silkie Bukan Ayam Kapas Biasa

American Silkie Chicken Bukan Ayam Kapas Biasa, menurut kami memang ayam hias american silkie ini lebih unik, lebih lucu, lebih imut dan menggemaskan di banding ayam silkie atau ayam kapas pendahulunya. Ayam Kapas memang sudah lama ada di Indonesia dan mengisi bursa ayam hias Indonesia. Di masanya ayam kapas yang dulu juga laris manis dengan harga minimalis menurut kami. Ayam dengan bulu kapas, yang memiliki jari 5 dan kulit biru kehitaman ini tak pernah fantastis harganya.

ayam hias american silkie

Ayam Kapas American Silkie

Lain halnya dengan american silkie, mungkin karena datangnya ke Indonesia pada generasi yang berbeda sehingga marketnyapun berbeda. Ayam ini di import ke Indonesia oleh para pecinta ayam hias dengan harga yang fantastis. Harga American silkie import mencapai 25 juta rupiah perpasangnya.  Masuk ke Indonesia pada tahun 2017 dan hingga sekarang harga ayam hias american silkie relatif masih stabil.

Belum banyak peternak yang memiliki ayam kapas Amerika ini sehingga populasinya masih langka. Sedangkan permintaan ayam ini sangat banyak mengingat penampilannya yang sangat menarik. Saat itulah hukum pasar berlaku sehingga harga jual american silkie makin melejit.

Perbedaan American Silkie Dengan Ayam Kapas Biasa

Sama sama memiliki bulu lembut seperti kapas, memiliki jari 5, cuping biru ngejreng dan kulit biru kehitaman. Karena bulu lembutnya ini ada juga yang menyebutnya ayam sutra.

ayam kapas

Foto di atas adalalah ayam kapas versi lama yang sudah lama masuk ke Indonesia. Beberapa type lebih jangkung dengan sedikit bulu kapas di kaki. Ayam jantan memiliki jengger mawar (rose comb) yang besar sedangkan betina memiliki jengger yang kecil. Mereka juga memiliki rambut di kepala (jambul) namun tidak selebat American silkie.

ayam american silkie

Sekarang bandingkan dengan foto di atas. Ayam kapas yang baru atau American silkie ini. Bulu yang lebih lebat, dan jambul di kepala yang lebih bulat. Hingga beberapa orang menyamakannya dengan kucing anggora sehingga menyebutnya ayam anggora. Kesan unik, lucu, eksotis dan menggemaskan lebih melekat pada jenis ayam kapas yang baru atau american silkie ini.

Baca Juga : 3 Jenis Ayam Hias Tercantik

Bukan Silangan Kapas X Poland

American silkie adalah asli ayam kapas. Entah bagaimana asalnya sehingga dari ayam kapas yang biasa kita kenal hanya memilki bulu putih sekarang muncul warna bulu bervariasi.  Dari beberapa literasi ayam kapas berasal dari Cina yang kemudia berkembang ke Jepang, Eropa dan Amerika lebih dari 2 abad yang lalu.

Variasi warna ayam american silkie :

  • White
  • Buff
  • Black
  • Gray
  • Blue
  • Splash
  • Partridge
  • Lavender (not recognized by American Poultry Association)
  • Cuckoo (not recognized by American Poultry Association)

Beberapa peternak ayam hias di Indonesia mencoba membuat atau menghasilkan ayam yang mirip American Silkie ini dengan menyilangkan ayam kapas dengan ayam poland. Namun tentu saja hasilnya berbeda dengan american silkie yang asli. Ada juga yang menyilangkan ayam kapas dengan ayam batik atau ayam cemani untuk menghasilkan warna ayam kapas coklat, merah dan hitam. Namun sekali lagi ayam yang dihasilkan dari persilangan ini berbeda dengan american silkie asli.

Perawatan Ayam American Silkie

Memiliki bulu kapas yang lebat tentunya perlu perawatan extra. Seperti kucing anggora yang harus di “grooming” sepekan atau sebulan sekali. Memandikan ayam adalah perkara yang tidak mudah, karena seperti kucing mereka juga tidak suka dengan air. Padahal sebagai ayam mereka senang sekali mandi pasir atau “kekipu” bahasa jawanya.

Dengan demikian kita perlu memberikan kandang yang bersih dan kering. Kandang basah dan lembab bukan hanya membuat kotor bulu ayam kapas, tapi juga dapat menimbulkan penyakit. Periksa sebulan sekali apakah ada kutu (gurem) pada bulu-bulu mereka. Untuk masalah kutu ayam dapat diatasi dengan “kututox” yang dapat ditaburkan langsung pada bulu mereka atau dimandikan.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Hias

Harga Ayam Hias American Silkie

Seperti telah disinggung sedikit di atas, karena peternaknya masih sedikit sehingga populasinya masih langka, harga ayam hias american silkie masih mahal.  Bursa Agro Menoreh menjual anakan american silkie dengan harga 1 juta per ekor. Sama halnya di Bursa Ayam Hias Indonesia yang menjual american silkie anakan dengan harga 1 juta rupiah. Untuk remaja hingga dewasa harga american silkie berkisar 7-10 juta an.

Untuk masalah harga ayam hias tentu saja sangat tergantung pada kondisi atau tampilan ayamnya, selain juga usia dan jenis/warnanya.

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.