3 Jenis Ayam Hias Tercantik

3 Jenis Ayam Hias Tercantik yang banyak diminati oleh pecinta unggas. Banyak diburu oleh para kolektor ayam hias meskipun harganya fantastis. Info ayam hias akan sedikit mengulas tentang jenis ayam hias yang banyak dicari oleh para penghobi maupun peternak ayam hias dan bahkan pebisnis ayam hias yang tentunya menari keuntungan dari viralnya ayam hias unik dan cantik ini. Langsung saja, simak ulasan berikut :

3 Jenis Ayam Hias Tercantik

1. Golden Pheasant Cantik Eksotis

ayam hias tercantik
Kombinasi warna-warni bulunya sangat eksotis, perpaduan sempurna warna merah, kuning dan sedikit hijau di punggung atas. Kecantikan Golden pheasant atau ayam pegar emas ada juga yang menyebutnya ayam hong membuatnya dijuluki Ayam Dari Surga. Banyak kolektor, penggemar, dan penghobi ayam hias yang megidam idamkan ayam ini. Daya tarik kecantikan dari ayam hias golden pheasant ini membuat para penghobi tidak masalah mengeluarkan uang yang cukup banyak. Harga ayam golden indukan yang sudah cantik bisa mencapai 10-12 juta rupiah. Sedangkan untuk anakan golden pheasant yang belum keluar warna bisa mencapai 7-8 juta.

Mas Dwi pemilik Prayitno Farm atau Ayam Hias Jogja yang sudah menggeluti ayam pheasant dari tahun 2012 menjelaskan bahwa harga ayam golden pheasant dari tahun 2017, 2018 dan 2019 tidak mengalami perubahan yang signifikan. Kecuali untuk jenis ringneck pheasant yang memang mudah dikembangkan. Harga ayam hias jenis golden, yellow dan lady hampir tidak pernah turun malah bisa naik, hal ini disebabkan karena masih jarang peternak yang sukses mengembangkan jenis ini.

Golden pheasant sendiri mempunyai beberapa varian yang sejenis yaitu yellow pheasant dan lady amherst. Dari 3 jenis ayam pheasant tersebut kesemuanya sudah dikembangkan dan di jual di Indonesia. Para penangkar ayam hias mencoba mendulang emas dari beternak ayam pheasant ini.

Baca Juga : 3 Jenis Ayam Pheasant Idola

Pheasant sendiri adalah unggas dari famili phasianidae yang menurut kami semua jenis tergolong ayam yang cantik dan eksotis. 3 jenis ayam pheasant idola yang banyak di pelihara para pengobi sudah kami ulas pada artikel sebelumnya . Karena rata-rata ayam pheasent cantik dan eksotis kami hanya mengambil salah satu jenis yang kami nobatkan sebagai ayam hias tercantik urutan pertama.

2. Ayam Poland Cantik dan Unik

Ayam Poland Tercantik

Meskipun sudah lama beredar di Indonesia, ayam poland atau ayam mahkota atau ayam jambul ini tetap menjadi idola karena keunikan dan kecantikannya. Sayang sekali, lamanya beredar di Indonesia membuat kemurnian ayam poland yang beredar diragukan. Beberapa penangkar yang menginginkan jenis ataupun warna baru menyilangkan ayam poland ini dengan ayam jenis lain. Sayangnya pula produk gagalnya tetap beredar di pasaran.

Ayam poland yang asli memiliki jambul yang lebat di kepala sebagai ciri khas ayam poland. Tubuh yang sedang dan tegap. Beberapa kolektor ayam hias terpaksa mendatangkan kembali ras asli ayam poland untuk memenuhi hasrat mereka. Jika ayam poland biasa yang beredar di pasaran di bandrol 750 ribu hingga 1,5 juta, harga ayam poland import bisa mencapai 10-15 juta. Keunikan dan kecantikan ayam poland yang tak lekang oleh waktu kami nobatkan sebagai ayam hias tercantik urutan no 2.

3. American Silkie Si Cantik Harga Selangit

ayam hias tercantik american silkie

Kami tidak tahu apakah ayam kapas yang sudah beredar lama di pasaran satu ras atau satu jenis dengan american silkie ini atau tidak. Namun yang jelas baik ayam silkie yang sudah lama dikenal dengan american silkie yang baru saja masuk ke Indonesia ini sama-sama memiliki bulu kapas. Haya saja American Silkie memiliki bulu yang lebih lebat dan jambul yang lebat seperti ayam poland.

Menurut artikel yang di muat di OkeFinance, harga ayam american silkie tahun 2017 di bandrol 25 juta sepasang. Harga yang fantastis untuk ayam yang cantik ini. Berdasarkan pemantauan kami, di tahun 2018 dan 2019 ayam ini masih tergolong langka. Hanya beberapa kolektor dan peternak ayam hias yang memilikinya. Mas Arfie salah satu peternak ayam American Silkie di Jepara menjual hasil anakan ayam silkie seharga 8-10 juta rupiah tergantung usia. Untuk kecantikan dan harganya yang fantastis kami nobatkan American Silkie sebagai ayam hias tercantik posisi ke tiga.

Perawatan Ayam Hias Tercantik

Memiliki ayam hias cantik dan unik tentu sayang jika kita tidak bisa merawatnya. Apalagi jika melihat harganya yang mahal. Untuk itu sebelum membeli ayam hias ada baiknya dipersiapkan segala sesuatu yang di butuhkan. Jangan sampai ayam hias cantik anda tersia sia.

Kandang Ayam Hias Tercantik

kandang ayam hias cantik

Yang pertama tentu mempersiapkan kandang yang baik, aman dan nyaman untuk ayam anda. Dari ketiga jenis di atas yang membutuhkan kandang full closed adalah ayam golden pheasant. Kandang ayam golden pheasant bisa di buat menggunakan jaring ayam, kawat strimin hingga wiremesh. Tentukan pilihan anda mengingat segi keamanan lingkungan berbeda beda.

Untuk ayam poland dan amerikan silkie bisa menggunakan kandang ayam biasa. Jika untuk display di taman atau halam bisa menggunakan sangkar besi ukuran sedang seperti layaknya sangkar bekisar. Namun jika untuk diternakan tentunya harus membuat kandang yang sedikit besar.

Pakan Ayam Hias Tercantik

Untuk makanan ayam tentu sama saja. Yang penting berilah makanan pabrik jadi (voor) yang sesuai dengan umurnya. Kalau masih anakan bisa menggunakan seri BR1, AD1 ,591 atau 511 . Sedangkan pakan untuk ayam hias dewasa boleh dengan seri pakan di atasnya seperti AD2, 594 atau sejenisnya. Pakan tambahan seperti sayur, biji-bijian dan serangga (jangkrik) boleh diberikan sesekali.  Yang pasti untuk ayam hias tercantik ini, jangan sampai di kasih makanan basi. Sediakan juga minuman yang cukup sepanjang hari.

Vitamin Ayam Hias Tercantik

Untuk tambahan vitamin yang di campur minuman boleh diberikan 2-3 hari sekali. Dan harus habis dalam 24 jam. Vitamin ayam yang biasa di jual di pasaran seperti Vitachick, Vortefit dan sebagainya. Sedangkan untuk kondisi urgen dimana kesehatan ayam menurun bisa menggunakan Vitaplek dan B-komplek .

Baca juga : Cara Merawat Ayam Hias

Demikian tadi 3 jenis ayam hias tercantik versi ayamhias.info . Berlangganan artikel dari kami via email dengan mengisi email anda dan klik subscribe. Check email Spam jika email konfirmasi tidak masuk di Inbox anda.

Share
error

Subscribe Untuk Update Artikel dan Tips2 Terbaru Yang Akan Dikirim Otomatis ke Alamat Email Anda.